oleh

Apa itu SKL KI KD dan IPK Kurikulum 2013?

Belajar Bahasa Inggris Apa itu SKL KI KD dan IPK Kurikulum 2013?

Selamat, semoga anda para pengunjung blog ini selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan, Amin. Pagi ini penulis ingin berbagi pengetahuan dan materi mengenai SKL, KI, KD dan IPK.

SKL adalah singkatan dari Standar Kompetensi Lulusan. KI adalah Kompetensi Inti, KD yaitu Kompetensi Dasar, dan IPK adalah Indikator Pencapaian Kompetensi. Beberapa istilah tersebut tidaklah asing bagi kita seorang guru dan pendidik yang menggunakan Kurikulum 2013.

Memahami keterkaitan SKL, KI, KD, dan IPK

Dengan SKL ini diharapkan suatu satuan pendidikan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi standar yang telah dirancang. SKL ini didapatkan dari komponen KI, KD, dan IPK. KI adalah Kompetensi yang mendasari, membekali peserta didik lulusan dengan karakter, budi perkerti dan akhlakul karimah.  KI terdiri dari KI 1, KI 2, KI 3, dan KI 4. KI 1 dan KI dua inilah yang membentuk karakterter anak. KI 3 dan KI 4 adalah frame kompetensi Inti untuk pengetahuan dan keterampilan. Selanjutnya KD adalah kompetensi yang musti dimiliki siswa setelah menyelesaikan suatu pembelajaran. KD ini mencakup 2 hal, yaitu Kompetensi Dasar Pengetahuan (3) dan Kompetensi Dasar Keterampilan (4).

Kompetensi Dasar berupa pengetahuan(knowledge) bersifat teoritis, konsep, ilmu pengetahuan yang harus dikuasai siswa. Hasil akhirnya adalah siswa dapat memahami, mengingat dan menguasai suatu bidang ilmu, suatu konsep pelajaran yang diterima. Selanjutnya Kompetensi Dasar di bidang keterampilan yaitu setelah siswa atau peserta didik memahami konsep yang ada, maka selanjutnya siswa dituntut untuk menggunakan dan mengaplikasikannya dengan percaya diri, siswa perlu memiliki sikap positif terhadap konsep yang diterima, dan dia dapat menggunakan dan melakukan konsep atau teori dan ilmu yang didapatkan dalam bentuk kecakapan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis. Dua kompetensi inilah yang harus dimiliki peserta didik.

IPK yaitu Indikator Pencapaian kompetensi, Yang dimaksud dengan indikator adalah suatu penanda bahwa suatu kompetensi dapat dicapai, dapat diukur. Dengan indikator-indikator tersebut peserta didik dapat diobservasi, diketahui mereka dapat mencapai kompetensi (KD). IPK dalam KD 3(pengetahuan) biasanya menitikberatkan pada pemahaman konsep sehingga dapat dirumuskan seperti: Siswa dapat mengidentifikasi …, Siswa dapat memahami, dll. Siswa mengetahui apa dan bagaimana serta karakteristiknya. Berikutnya adalah KD 4(Keterampilan), KD ini menitikberatkan pada aspek sikap dan psikomotorik siswa. Setelah siswa mencapai KD 3, maka KD 4 ini adalah follow up dari dari KD 3 tersebut. Siswa dapat mengaplikasikannya, menggunakannya dengan percaya diri. Indikator KD 4 ini biasanya berbunyai, Siswa dapat menyusun…, Siswa dapat melakukan.., dan sebagainya.

Demikialah penjelasan singkat mengenai apa itu SKL, KI, KD dan IPK istilah dalam Kurikulum 2013. Semoga uraian singkat penulis dapat memberikan pengetahuan bagi anda para pengunjung di blog ini. Amin. Thanks for reading. Salam sukses bagi kita semua. Amin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed