oleh

Cara mengubah mindset anak menyukai Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris Cara mengubah mindset anak menyukai Bahasa Inggris

Mengapa Bahasa Inggris untuk anak SMP atau MTs susah diajarkan?Mengapa anak juga menganggap Bahasa Inggris mata pelajaran yang sulit? Anggapan ini membuat anak juga merasa malas belajar. Alasan mereka bermacam-macam. Di daerah perkotaan yang sudah maju berbeda dengan di pedesaan  atau di kota kecil. Jika di kota-kota besar, umumnya wali murid berlomba-lomba memberi tamban les di lembaga kursus bahkan juga mendatangkan guru privat kerumahnya dengan maksud anaknya bisa memahami dan bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Ada pepatah mengatakan lain ladang lain belalang pula. Mari kita tengok perbedaan yang mencolok dengan anak-anak di pedesaan. Anak-anak di daerah pedesaan sudah sekolah itu alhamdulillah dan masuk kelas. Kebanyakan orang tua mereka kurang sadar dengan pendidikan. Mereka sibuk mencari sesuap nasi. Ekonomi bagi mereka lebih penting karena menyangkut kelangsungan hidup. Jarang anak-anak di lingkungan pedesaan anak-anak les. Lesi di lembaga kursus dan lain-lain. Dari latar belakang itulah bagi guru yang mengajar di lingkungan pedesaan akan kesulitan dalam memberikan materi pelajaran, terutama Mapel Bahasa Inggris yang bagi mereka adalah asing, Bahasa Inggris di SD bukanlah mapel utama, kalaupun ada yang mengajarkannya, jumlahnya terbatas dan hanya sebagai mulok atau ekstrakurikuler saja.
Tes UN berbasis HP Android
Source: Facebook
Mari kita ubah mindset anak-anak mereka mengenai Bahasa Inggris. Bahasa Inggris itu menyenangkan dan mudah diterima. BahasaInggris SMP merupakan babak awal bagi anak-anak. Oleh karena itu ini adalah stage paling penting untuk mengarahkan anak. Untuk menyajikan materi semenarik mungkin supaya anak-anak tertarik dan memiliki kesan yang menyenangkan. Senang adalah kunci atau prasyarat awal yang musti seorang guru Bahasa Inggris berikan kepada mereka. Dengan ini mereka anak-anak didik dapat menerima materi dengan antusias pula. Bagi guru SMA, jika anak-anak gagal dalam menyukai Bahasa Inggris maka ini belum terlambat. Sajikan BahasaInggris SMA semenarik mungkin, gunakan kemajuan teknologi informasi untuk menyajikan Bahasa Inggris dengan menarik. Jadilah seorang fasilitator yang meneyenangkan bagi anak-anak supaya mereka nyaman, kenyamanan juga tak kalah penting karena ini dapat memotivasi anak untuk dapat belajar Bahasa Inggris dengan baik.
Bagi seorang guru dalam mengajar Bahasa Inggris sebaiknya tidak dengan marah-marah, tidak perlu degan bentakan-bentakan. Karena ini merupakan penghambat memberikan rasa nyaman anak. Jika kita masih bisa memberikan materi dengan cara yang membuat mereka nyaman kenapa tidak. Beri pengertian kepada anak dengan motto seperti “ Bapak/Ibu akan mengajarkan Bahasa Inggris dengan enak tapi kalian jangan seenaknya.” Kalimat itu akan memberikan rasa nyaman dan anak akan segan pula untuk berbuat keonaran di kelas.
Guru diusahakan sekreatif mungkin dalam menyajikan materi dengan cara yang disukai anak-anak didik. Selain mengguanakan audio visual seperti Laptop, Proyektor, dialog interaktif, sesekali juga guru menyisipi dengan lagu (song), permainan (games) juga bisa melakukan outdoor learning secara periodik. Untuk mengurangi kejenuhan di kelas seorang guru perlu mengajak anak didiknya belajar di luar kelas. Banyak cara bagi guru untuk memberikan materi Bahasa Inggris dengan cara yang fun bagi anak. Dengan cara ini akan juga akan termotivasi untuk belajar dan mencitai Bahasa Inggris. Bahasa Inggris bukanlah momok yang menakutkan lagi. Tanamkan kepada anak bahwa Bahasa Inggris itu menyenagkan dan penting di era globalisasi ini.
Terima kasih atas kunjungan anda di  blog ini, semoga sharing ini bermanfaat bagi para pembaca semuanya. Salam sukses berjama’ah, mari berbagi untuk kebaikan bersama.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed