Contoh Ujian Praktik Bahasa Inggris Tahun 2020

Belajar Bahasa Inggris Contoh Ujian Praktik Bahasa Inggris Tahun 2020

Kelas 9/IX SMP MTs saat ini hendak melaksanakan Ujian Praktik selain Ujian Sekolah atau Madrasah dan Ujian Nasional. Tidak semua mapel mengujikan Ujian Praktik, hanya mapel tertentu saja. Karena blog ini adalah blog khusus pembelajaran Bahasa Inggris maka penulis berinisiatif untuk berbagi contoh model ujian praktik di tempat penulis,yakni di MTs Walisongo Tulis.

Ujian Praktik Bahasa Inggris Tahun 2020ini penulis adaptasi dari konten kurikulum  2013. Di tahun sebelumnya Ujian Praktik penulis mengambil dari materi Procedure text dimana siswa praktik menjelaskan langkah-langkah membuat atau mengoperasikan sesuatu secara real langsung praktik, maka untuk tahun pelajaran 2019/2020 ini penulis mengangkat pembelajaran tentang song/lagu. Ujian Praktik menyanyi lagu-lagu berbahasa Inggris adalah pilihan penulis untuk menilai kemampuan anak di dalam olah suara sekaligus pronunciation Bahasa Inggris. Ujian praktik singing a song ini menarik minat anak dalam belajar Bahasa Inggris. Lagu itu bersifat universal, semua orang menyukai musik/lagu tak terkecuali lagu-lagu barat berbahasa inggris.

Contoh lagu salah satu murid MTs Walisongo Bernama Geria Putri yang menggunakan Aplikasi WesingSource: Aplikasi Wesing, free aplication for singing.

Peserta didik bebas menentukan lagu Bahasa Inggris yang hendak dinyanyikan. Berikut adalah Prosedur Ujian Praktik Bahasa Inggris: Singing a song:

1.    Siswa menyanyikan satu lagu berbahasa Inggris (English Song)
2.    Siswa merekam video sendiri dengan media seperti HP dan lainnya.
3.    Siswa dapat menggunakan aplikasi bantuan seperti Wesing atau Smule.
4.    File yang dikirim ke Guru dapat berupa file MP4 atau MP3
5.    Murni suara sendiri bukan suara peserta didik lain atau orang lain.

Berikut adalah contoh rekaman lagu Penulis sendiri yang penulis record dari Aplikasi Smartphone yang bernama Smule. Cover  Lagu berjudul  The Day You went Away. 
Cover lagu The day you went away  M2M
Source: Cover song by Young Almusto using Smule Aplication.
Selanjutnya berikut adalah ketentuan penilaian Ujian Praktik Menyanyikan Lagu Bahasa Inggris:
No
Name
Aspects
Nilai Akhir
(100)
Pronunciation (Max 40)
Singing ability
(Max 60)
1
2
3
4
5
Untuk memudahkan penilaian, penulis hanya membagi menjadi 2 aspek penilaian yakni, Pronunciation dan Singing Ability atau kemampuan menyanyi dengan presentase 40:60. Nilai maksimal untuk pelafalan atau pronunciation adalah 40 poin, selanjutnya nilai maksimal untuk kemampuan menyanyi adalah 60 poin Sehingga skor total adalah 100 apabila dapat menyanyikan lagu Bahasa Inggris dengan sempurna baik secara pelafaalan maupun kualitas suara dalam menyanyi.
Apa yang penulis share di sini hanyalah pengalaman penulis dalam menyelenggarakan ujian Praktik Bahasa Inggris tahun 2020 ini. Setiap sekolah terutama guru mapel yang bersangkutan memiliki kewenangan dalam menentukan materi ujian praktik sekaligus scoring atau kriteria penilaianya sendiri.

Semoga postingan ini bermanfaat bagi para pembaca dan pengunjung yang sedang search atau mencari contoh Panduan Ujian Praktik Bahasa Inggris Tahun pelajaran 2019/2020 ini. Terima kasih atas kunjungan anda. Salam sukses buat kita semua. Amin Ya Robbal ‘alamin. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *