Download Contoh PTK Bahasa Inggris free gratis

Belajar Bahasa Inggris Download Contoh PTK Bahasa Inggris free gratis

Assalamu’alaikum sobat para pengunjung blog Bahasa Inggris SMP MTs (ISM). Untuk mengisi blog ini, kali ini penulis ingin berbagi contoh PTK Bahasa Inggris. Yaitu suatu Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan oleh teman penulis di sebuah MTs Negeri Subah Kabupaten Batang.

PTK, Inggris, Contoh, Download,
Download PTK Inggris 2020


Adapun PTK ini berjudul “MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII MTS NEGERI BATANG SEMESTER GASAL TAHUN 2019”.
PTK ini dibuat oleh Ibu Fatimah, S.Pd. Beliau  mengizinkan admin untuk share di blog ini supaya dapat dibaca dan bermanfaat bagi orang lain.  PTK Bahasa Inggris ini lumayan tebal, setidaknya ada 184 halaman. Berikut adalah file PDF PTK yang telah diupload dan share di Google Drive admin.


Download Contoh PTK Bahasa Inggris 2020


Selanjutnya admin akan memberikan ringkasan PTK ini melalui abstract yang sudah disusun. Berikut abstrak atau ringkasannya:

ABSTRAK  Penelitian  dengan  judul  “Meningkatkan  Keaktifan  dan  Hasil  Belajar  Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Teks pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII MTs Negeri Batang Semester Gasal Tahun 2019”, adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas.  Yang  diteliti  pada  penelitian  ini  adalah penerapan pembelajaran dengan model Pembelajaran Berbasis Teks, peningkatan keaktifan,  dan  hasil  belajar  siswa.  Penelitian  ini  menggunakan  observasi  untuk mengetahui  proses  pembelajaran  berbasis  teks,  observasi  untuk  mengetahui keaktifan  siswa,  dan  tes  untuk  mengetahui  hasil  belajar  siswa.  Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  proses  pembelajaran  dengan  menggunakan  model Pembelajaran  Berbasis  Teks  adalah  sebagai  berikut:  Tahap  1:  BKOF  (Bulding Knowledge  of  Field)  yaitu  membangun  pengetahuan  atau  latar  belakang pengetahuan  peserta  didik  tentang  teks  yang  akan  dibahas,  Tahap  2:  MOT (Modelling  of  Text)  yaitu  pemberian  model  teks,  Tahap  3:  JCOT  (Join Construction  of  Text)  yaitu  implementasi  pengetahuan  dan  pemahaman  siswa untuk  memproduksi  teks  secara  berkelompok,  Tahap  4:  ICOT  (Independent Construction  of  Text)  yaitu  implementasi  pengetahuan  dan  pemahaman  siswa untuk memproduksi teks secara mandiri. Pelaksanaannya dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami  perbaikan.  Penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  keaktifan  siswa  dari kondisi  awal,  siklus  1  dan  siklus  2  terus  mengalami  peningkatan.  Pada  kondisi awal  ke  siklus  1  dan  ke  siklus  2  persentase  siswa  yang  keaktifannya  dengan kategori rendah terus mengalami penurunan, yakni 53% – 18% – 0%. Sedang yang kategorinya  sedang  dari  29%  –  61%  –  11%.  Sedang  yang  kategorinya  tinggi  dari 18%  –  21%  –  89%.  Penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  hasil  belajar  siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Persentase siswa yang belum tuntas terus mengalami penurunan dari siklus 1 ke siklus 2 (dari 26,47% menjadi 8,82%). Persentase siswa yang sudah tuntas mengalami kenaikan dari siklus 1 ke siklus  2  (dari  73,53%  menjadi  91,18%).  Indikator  keberhasilan  PTK  ini  adalah, bahwa  PTK  ini  dikatakan  berhasil  jika  persentase  siswa  yang  dinilai  hasil belajarnya  tuntas  mencapai  minimal  85%.  Dari  tabel  menunjukkan  bahwa persentase  siswa  yang  nilainya  tuntas  sudah  mencapai  91,18%,  maka  PTK  ini sudah berhasil. Key words: Pembelajaran Berbasis Teks, Keaktifan, Hasil Belajar.

Demikian positngan mengenai contoh PTK Bahasa Inggris yang dapat admin share di blog ini Semoga bermanfaat. Amin. Silahkan contoh PTK tersebut gratis dan dapat diunduh siapapun. Salam sukses buat kita semua. Amin. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *