Latihan UNBK SMP MTs via HP Android

Belajar Bahasa Inggris Latihan UNBK SMP MTs via HP Android

Saat  ini menurut data dari Kemdikbud, Sekolah di Jenjang SMP/MTs sudah 85% menggunakan komputer untuk Ujian Nasional (UNBK), Ujian Nasional Berbasis komputer. Sisanya 15% masih menggunakan UNKP,Ujian nasional berbasis kertas. Oleh karena itu, saat ini anak-anak mau tidak mau harus melek IT, atau membiasakan diri dengan teknologi informasi dan komunikasi.
Pada kesempatan malam hari ini, penulis ingin berbagi trik  menggunakan media flash berekstensi SWF yang tampilanya mirip dengan UNBK pada ponsel android. Media ini dibuat oleh Bapak Mursyid Guru Bahasa Inggris SMP N 1 Karangdadap Pekalongan Jawa Tengah, yang notabene adalah guru Bahasa Inggris. File dari Bapak mursyid ini dikhususkan bagi siswa-siswi kelas IX yang akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). File flash ini dapat dijalankan di komputer/laptop tentunya. Namun, media SWF ini tidak dapat dijalankan di HP android jika kita tidak mengetahui caranya.
Nah, Pada saat ini penulis ingin berbagi pengalaman untuk menggunakan media made by Mr. Mursyid ini lebih praktis dengan menggunakan Handphone. Untuk dapat menjalankan File Media belajar UNBK ini maka kita harus download/unduh aplikasi untuk menjalankan file SWF tentunya, kita dapat mendapatkannya di Google play store secara Cuma-Cuma tanpa membayar uang sepeserpun alias gratis. Setelah penulis try and try and try again berbagai file pemutar SWF, alhamdulillah akhirnya penulis menemukan aplikasi yang cocok untuk menjalankan file SWF UNBK ini.
Nama aplikasi yang dapat digunakan untuk menjalankan file SWF ini adalah Webgenie SWF. Untuk menggunakannya dengan sempurna maka penulis akan share berbagi pengalaman kepada para visitors blog ini. Langkah pertama adalah download file di atas di Google Playstore. Selanjutnya diinstal di HP android and. Setelah proses instalasi selesai, maka langkah berikutnya adalah membuka aplikasi dulu baru mencari file ber ekstensi SWF UNBK tersebut. Jika anda langsung menjalankan file UNBK maka bisa dipastikan akan gagal, maka dari itu ikuti petunjuk saya tadi langkahnya adalah membuka aplikasi terlebih dahulu baru menjalankan filenya pada aplikasi yang sudah dibuka tadi. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini:
Langkah 1

 Setelah anda download aplikasi di Google Playstore maka akan muncul shortcut aplikasi Webgenie SWF di desktop HP Android anda. Silahkan jalankan aplikasi dengan cara touch atau sentuh shortcut aplikasi tersebut.

Langkah 2


Setelah touch aplikasi maka tampilannya akan seperti diatas, langkah selanjutnya adalah look in atau cari file SWF untuk UNBK dengan cara touch atau sentuh “Open SWF file” di Local Files.

Langkah 3


Silahkan pilih dan touch/sentuh file SWF yaitu UjiCobaUNBK01 paling bawah dan jalankan. maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, sebaiknya layar dibuat landscape supaya lebih lebar.

SMP, MTs, UNBK, UN, UNKP, Batang, Pekalongan, Bahasa Inggris, Tahun Pelajaran 2018-2019
Langkah 3

 Berikutnya adalah silahkan isikan username dan password anda, Nama anda dan pasword sesuka hati  kemudian tekan kotak login.

Langkah 5

Selanjutnya tekan/touch kotak mulai untuk memulai mengerjakan soal UNBK

Langakah 6

 Baca pop up petunjuk yang mucul kemudian tekan silang untuk menghilangkan pop up petunjuk.

Langkah  7
Beginilah tampilan UNBK, anda sudah siap mengerjakannya dengan membaca soal kemudian menjawab jawaban paling benar dengan touch/tekan A, B, C, atau D di bawah soal. Untuk mengerjakan soal berikutnya silahkan klik nomor soal yang ada di bagian kanan. Soal bisa di kerjakan acak tidak harus urut. Kerjakan soal termudah dahulu.  Kerjakan soal sampai selesai, teliti lagi dan jika sudah yakin,silahkan tekan kotak selesai maka akan muncul skor dan jumlah soal benar atau salah.
Demikian Share dari penulis untuk membantu para pelajar dan guru dalam persiapan menghadapi UJian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Semoga bermanfaat dan dapat dishare kepada anak-anak dengan menggunakan media HP android tanpa harus membawa Laptop atau menjalankannya di komputer. Sekali lagi penulis sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Mursyid PW yang sudah berbagi share media SWF UNBK nya semoga Allah SWT membalas kebaikan Bapak, Amin. Terima kasih untuk pengunjung blog ini. Masukan dan kritikan kami tunggu dari para visitors dengan cara kirim pesan melalui WA penulis yang sudah ditampilkan pada sidebar blog ini. 
Untuk download File UNBK SWF dapat di kunjungi ke Website Bapak Mursyid PW di sini

Referensi: http://mmursyidpw.com 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *