oleh

Lembaga SMART ILC

Lembaga SMART ILC

Lembaga Kursus International Language Collage (SMART ILC) adalah sebuah lembaga pendidikan kursus bahasa asing yang berdomisili di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur. Berdiri pada tanggal 12 Juni 2002, kehadiran SMART ILC adalah jawaban dari suatu kegelisahan akan kondisi pendidikan di Indonesia yang belum juga mampu memiliki kurikulum yang tepat sasaran sementara contoh sederhana yang dihadirkan oleh beberapa lembaga pedidikan mandiri justru sebaliknya. Keinginan besar untuk ikut terlibat secara aktif dalam proses pencerdasan kehidupan bangsa sebagai sebuah karya nyata bagi bangsa adalah alasan berikutnya dari proses persalinan sebuah SMART ILC ini.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan alternatif luar sekolah, SMART ILC memfokuskan diri pada pembelajaran bahasa asing ( Bahasa International) dengan fokus awal yaitu Bahasa Inggris. Hal ini didasari oleh kenyataan bahwa latar belakang pediri dan para pengampunya yang telah berinteraksi secara aktif dalam lingkup bahasa tersebut, apalagi Pare adalah wilayah pembelajaran Bahasa Inggris atau lebih dikenal sebagai “Kampung Bahasa Inggris”.

Kecamatan Pare yang terus berdenyut dan menggeliat untuk membentuk kota pelajar baru ini memiliki lingkungan belajar yang unik dan penuh gairah. Tradisi Pembelajaran Wilayah yang telah dirilis oleh perintis Kampung Bahasa Inggris ini sejak tahun 1977 telah mematrikan Pare sebagai tempat belajar yang benar-benar membuat para pembelajarnya merasa tercelupkan pada proses belajar yang dijalaninya. sementara sistem pembelajaran yang di kembangkan oleh masing-masing lembaga cenderung tradisional yaitu memilah fokus materi, tidak seperti lembaga pendidikan modern di kota-kota besar yang bersifat komperhensif. hal ini merupakan keunikan Pare berikutnya yang pada akhinya mendorong SMART ILC untuk menentukan fokus awal pembelajaran Bahasa Inggris-nya pada materi tata bahasa dengan muara akhir pada penelaahan soal-soal TOEFL(Test of English as Foreign Language).

Sementara kalau ditinjau dari namanya yaitu International Language College, SMART berkeinginan besar untuk nantinya mampu melibatkan diri secara lebih dalam dengan membangun sebuah lembaga pendidikan tinggi yang memfokuskan diri pada peneluran guru-guru bangsa karena bagaimanapun sebuah negara tidak mungkin kokoh dan berkembang menjadi besar tanpa adaya sumber daya manusia yang berkualitas dan peduli dengan nasib bangsanya, dan diharapkan SMART ILC nantinya akan terlibat dalam proses tersebut.

Model tes TOEFL yang senantiasa berkembang dalam durasi sepuluh tahunan mendorong SMART ILC untuk senantiasa bergerak untuk mengembangkan program-programnya, sehingga pada tanggal 1 Juni 2005 SMART ILC merintis program Speaking dengan metode asrama dengan target Academic Speaking. Asrama untuk program ini bernama SMART’s Dormitory (S’TORY) . Asrama awal yang dirintis adalah asrama putri karena pengampu yang dimiliki SMART ILC dan siap menghandel program S’TORY pada waktu itu adalah pengampu putri. Asrama putra baru dirilis setengah tahun kemudian yaitu pada tanggal 15 Februari 2006.

Mulai tahun 2005 itu juga SMART ILC mulai merintis program-program aplikasi yaitu Writing dan Translation. Sementara program TOEFL yang sebelumnya berlabel Hi Class mulai berdiri dengan nama TOEFL Program untuk lebih memudahkan peserta didik untuk memilih dan memilah fokus pembelajarannya.

Komitmen awal yang melandasi berdirinya SMART ILC adalah pengabdian pada proses pencerdasan kehidupan bangsa. Secara otomatis hal ini membawa konsekuensi bahwa kualitas pembelajaran adalah fokus utama lembaga, sehingga segala sistem yang dibangun senantiasa diupayakan untuk membangun kualitas pembelajaran yang ada. Hal ini menjadi alasan utama SMART ILC untuk mengadakan tes masuk untuk program-program lanjutan. Tes masuk tersebut berlabel Placement Test.

Awalnya Placement Test ini memang difungsikan untuk menempatkan peserta didik pada level-level program yang ada sesuai dengan kemampuannya, namun karena pada kenyataannya hal ini belum menjawab masalah utama yaitu kompetensi dasar peserta didik dalam program yang bersangkutan dan rawan manipulasi, maka format Placement Test diubah menjadi tes masuk program.

Fungsi utama Placement Test sendiri bagi SMART ILC ada dua yaitu sebagai pengukuran kemampuan peserta didik agar target tanggung jawab belajar peserta didik senantiasa terjaga dan yang kedua sebagai acuan evaluasi utama dalam pengukuran metode dan sistem pembelajaran yang diterapkan lembaga untuk menjaga wilayah tanggung jawab lembaga pada komitmen awal dan kompetensi output yang dihasikan oleh lembaga.

II.Falsafah

SMART International Language College adalah lembaga pendidikan alternatif luar sekolah yang menyelenggarakan proses pembelajaran dengan mutu yang setinggi-tingginya dan melaksanakan konsep pendidikan wilayah yang berbasis kerakyatan dengan sebaik-baiknya yang diabadikan untuk pencerdasan kehidupan bangsa.

III.Visi

1. Menjadi Lembaga Pendidikan Alternatif Utama di Indonesia.
2. Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Keguruan Utama di Indonesia

IV.Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang bermutu prima dan memuaskan.
  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang terjangkau bagi semua golongan masyarakat.
  3. Memberikan kontribusinya untuk melejitkan potensi sumber daya manusia Indonesia yang berintegrasi dengan kebersamaan dan semangat belajar tanpa henti dalam rangka peningkatan sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan.

V.Tujuan

  1. Kemandirian lembaga.
  2. Kompetensi peserta didik.
  3. Proses pembelajaran yang prima.
  4. Sumber Daya Manusia yang berkomitmen tinggi dan kompeten.

VI.Keyakinan Dasasr

  1. Kami yakin kemajuan SMART International Language Collage di masa mendatang terletak pada kemampuannya untuk mandiri dalam banyak hal terutama kurikulum,sistem, dan metode pembelajaran, termasuk kemandirian secara finansial.
  2. Kami yakin kemandirian dapat dicapai bila peserta didik merasa puas atas kompetensi yang dicapai pada proses pembelajaran yang diterimanya.
  3. Kami yakin bahwa kompetensi peserta didik dapat diraih bila proses pembelajaran diselenggarakan secara prima.
  4. Kami yakin bahwa proses pembelajaran secara prima dapat terlaksana jika didukung oleh Sumber Daya Manusia yang memiliki komitmen tinggi, profesional, produktif, dan berorientasi pada kualitas kompetensi peserta didik.

VII.NIlai-nilai Dasar

  1. Ketulusan
  2. Kepedulian
  3. Kejujuran
  4. Kerendahan hati
  5. Keterbukaan
  6. Keakraban
  7. Kesportifan
  8. Bekerja keras
  9. Keprofesionalan
  10. Kebersamaan

VIII.Sasaran Strategi

  1. Index kepuasan peserta didik di atas 80% di tahun 2007
  2. Index lokal mandiri berasrama di tahun 2007
  3. Menjadi pendidikan Tinggi Utama di wilayah Jawa Timur di tahun 2012
  4. Index kepuasan dan kompetensi karyawan di atas 80% di tahun 2012

IX.Program Strategi

  1. Meningkatkan mutu lembaga secara berkesinambungan
  2. Meningkatkan cakupan pelayanan dan positioning lembaga
  3. Meningkatkan kemampuan kompetensi lembaga
  4. Meningkatkan kemampuan finansial
  5. Meningkatkan fungsi sosial-kerakyatan

X.Divisi dan Program

Secara manajerial SMART ILC saat ini memiliki lima divisi dan beberapa program yang diampu secara aktif, yaitu :
1. Divisi Administrasi
Divisi ini bertanggung jawab pada segala proses yang berhubungan dengan administrasi dan pengelolaan keuangan yang berhubungan dengan lembaga.
2. Divisi Placement Test
Divisi ini bertanggung jawab terhadap pelaksanaan dan segala hal yang berkenaan dengan Placement Test yang diadakan dua kali dalam sebulan yaitu Placement Test periode 10 dan periode 25 termasuk Placement Test Susulan (Remidial Test).
3. Divisi S’TORY
Divisi ini bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan program-program yang dilaksanakan di S’TORY. Saat ini SMART ILC memiliki dua asrama putri (S’TORY 1 dan 2) dan dua asrama putra (S’TORY 3 dan 4).
4. Divisi Pengajaran Speaking
Divisi ini membawahi dua program yaitu:SMART Pudential Speaking Program yang terdiri dari tiga level dan SMART Pudential Pronunciation Program yang terdiri dari dua level.
5. Divisi Pengajaran Grammar ddan Aplikasi
Divisi ini membawahi program SMART Prudential Grammar Program yang terdiri dari lima level dan tiga program aplikasi yaitu : SMART TOEFL Program yang terdiri dari dua level, SMART Pudential Writing Program yang terdiri dari tiga level, dan SMART Pudential Translation Program yang terdiri dari dua level.

XI.Kegiatan Pendamping
SMART ILC memiliki dua kegiatan rutin sebagai program pendampingan bagi siswa dan peningkatan kemampuan para pengampunya, yaitu :
a.Study Club Mandiri
Merupakan kelas study club yang diampu oleh para alumni dan siswa yang lebih senior sebagai wahana untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka miliki. Diadakan dua kali dalam satu minggu.
b.Micro-Teaching Forum
Merupakan forum untuk melatih mengajar. Perserta forum ini adalah seluruh staf SMART ILC. Diadakan satu minggu sekali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed