oleh

Lomba Story Telling dan Guessing words SMP 2019

Belajar Bahasa Inggris Lomba Story Telling dan Guessing words SMP 2019

Dalam rangka memperingati bulan bahasa tahun 2019 ini, MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Batang Jawa Tengahakan menyelenggarakan lomba-lomba/kompetisi Bahasa Inggris. Lomba ini akan diikuti oleh siswa-siswi SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Batang.

Adapun jenis lombanya adalah Story telling dan Guessing words. Dua jenis lomba ini akan mengisi kegiatan di bulan bahasa ini. Berikut ini adalah ketentuan dan penilaian dan mekanisme lomba tersebut:

MGMP Bahasa Inggris SMP Kab Batang.
Albest okey
1.      Ketentuan lomba bercerita :
a.  Setiap peserta menyampaikan satu (1) cerita.
b.  Cerita dapat diambil langsung atau saduran dari cerita yang sudah ada, atau bahkan dikarang sendiri oleh peserta;
c.  Isi cerita memberikan keteladanan dalam menerapkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.
d.  Untuk menyampaikan  cerita, setiap peserta diberi waktu selama 6 menit (maksimal).
       Waktu dihitung mulai peserta membawakan  cerita.
       Waktu kurang 1 menit dberi tanda ketukan 2 kali.
       Waktu habis diberi tanda ketukan 3 kali.
e.  Peserta memberikan salinan cerita kepada panitia (rangkap 3) diserahkan sebelum tampil.
f.   Peserta memakai seragam sekolah pada hari pelaksanaan.
2.      Penilaian
a.  Aspek Penilaian
1) Sikap
a)  Cerita disampaikan dengan lancar.
b)  Mimik wajah dan bahasa tubuh mencerminkan nilai dan karakter yang diusung oleh tema cerita.
2) Pengetahuan Kebahasaan
a)    Tata bahasa dan kosakata  digunakan dengan baik dan benar.
b)    Kalimat disampaikan dengan ucapan, tekanan kata, dan  intonasi yang tepat.
b.  Skala nilai dan bobot penilaian
Nilai setiap indikator menggunakan skala 50-100
LEMBAR PENILAIAN LOMBA KREATIVITAS
BERCERITA DALAM BAHASA INGGRIS
No.
Aspek yang Dinilai
Indikator
Skor 50-100
Bobot
Skor x Bobot
1.
1)   Sikap
a)    Cerita disampaikan dengan lancar.
Kriteria:
          Excellent ( 85 – 100)
          Good (70 – 84 )
          Poor (50- 69)
3
b)    Mimik wajah dan bahasa tubuh mencerminkan nilai dan karakter yang diusung oleh tema cerita.
Kriteria:
          Excellent ( 85 – 100)
          Good (70 – 84 )
          Poor (50- 69)
2
2) Pengetahuan Kebahasaan
a)    Tata bahasa dan kosakata digunakan dengan baik dan benar.
Kriteria:
          Excellent ( 85 – 100)
          Good (70 – 84 )
          Poor (50- 69)
2
b)    Kalimat disampaikan dengan ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang tepat.
Kriteria:
          Excellent ( 85 – 100)
          Good (70 – 84 )
          Poor (50- 69)
3
TOTAL
10
Σ (Nilai x Bobot)
Nilai akhir = ————————— = ……………………………..
10
A.    Lomba Guessing Word
PETUNJUK TEKNIS PELAKSANAAN
LOMBA GUESSING WORD
a). Tata tertibpeserta
1.     Tiapkelompokterdiridari 3 siswa.
2.     Satu siswasebagai “picker” (pengambil kata), dua orang menjadi “guesser” (penebak kata).
3.     Guesser mengajukansatuataulebihpertanyaansebelummenebak kata.
4.     Pertanyaan harus kalimat lengkap. Contoh “ Does it have four legs ?”
5.     Picker hanyabolehmenjawab : YES atau NO ataspertanyaanatautebakan yang diberikan oleh guesser.
6.     Diberikanhanya SATU kesempatanuntukmenebaksetiap kata.
7.     Tidakdiperbolehkanmelakukangeraktubuhmaupunkode yang mengarahkepadajawaban.
8.     Jikaterjadikecuranganmakapesertaakandidiskualifikasi untuk kata tersebut.
b). Babak Penyisihan
1.    Pesertadibagikedalamtiga pool terpisahdalamtigaruang. *(pengambilannomorundian dan pool dilaksanakan sebelum lomba dimulai)
2.    Di setiapruangadaseorang juri dan seorang asisten juri.
3.    Setiapsesi per kelompokdiberikanwaktu 8 menit.
4.    Poin/skor dihitungdarijumlah kata yang ditebak.
5.    Keputusan dewan juritidakdapatdiganggugugat.
c). Babak Final
1.    Finalis adalah 3 tim yang memperoleh poin/skor terbanyak, tanpa memperhatikan pool.
2.    Jika ada lebih dari 3 tim yang mendapatkan poin/skor sama, tim tersebutberhak maju ke babak final.
3.    Finalis diberikan waktu 10 menit untuk melakukan proses tebak menebak.
4.    Kata yang akan ditebak diambil satu per satu.
5.    Menebak dilakukan dengan cara : 2 peserta mendeskripsikan kata yang akan ditebak, dan 1 peserta bertugas menebak kata yang dideskripsikan tersebut.
6.    Jika ada kesulitan menebak, peserta diperbolehkan melewati kata tersebut dengan mengatakan “pass”
7.    Deskripsi harus dalam bentuk kalimat lengkap.
8.    Jika terjadi poin/skor sama, diberikan pertanyaan oleh juri.
         9.  Kejuaraan hanya diambil 1, 2,3.

 Download File Materi Guessing untuk lomba

Demikian sharing penulis di blog ini untuk menjadi informasi dan referensi di daerah lain yang akan meneyelenggarakan kompetisi serupa. Semoga bermanfaat postingan ini. Terima kasih atas kunjungan anda. Salam sukses buat kita semua. Amin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed