Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter VI Our busy roads

Belajar Bahasa Inggris Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter VI Our busy roads

Chapter VI Bahasa Inggris kelas VIII, Our busy roads mengcover materi mengenai kosa kata tentang benda-benda di sekitar jalan raya, suasana dan perilaku manusia di sekitarnya. Tujuan atau goal dari bab ini adalah untuk menyatakan eksistensi dari benda-benda dan orang (to state the existence of things and people) dalam konteks di sekitar jalan raya. Namun demikian materi dapat meluas tidak hanya di jalan raya. Materi spesifik yang akan dipelajari pada chapter/bab ini adalah “There is” dan “there are” kemudian Quantifier seperti: “Many, Much, A few dan A little”. Materi tambahan dapat berupa countable dan uncountable nounsserta artikel atau kata sandang seperti a atau an dan the.

There is, there are, many, much, a little, a few, a, an, some, the
Bahasa Inggris kelas 8 Kurikulum 2013

Baik untuk materi pertama adalah tentang “There is dan There are”.
There is dan There aredigunakan untuk menunjukkan eksistensi atau keberadaan sesuatu baik benda, binatang, manusia dan lainya. Atau dengan kata lain arti secara leksikal adalah “Ada” Perbedaan dari keduanya adalah; There is digunakan untuk benda tunggal(singular) sedangkan There are untuk benda jamak (plural).
Contoh:
1.
There is a pedicab on the corner
2.
There is an apple tree in the park. The apple tree has lots of fruit
2.
There are some people who cross the pavements.
3.
There many traffic lights in the city.
4.
There is a little dicipline on the road
5.
There is much smoke on the road.
6.
There are a few people who wear helmet
7.
There are a lot of vehicles in big cities.
Pada contoh kalimat di atas disinggung mengenai kata sandang (article): a dan an, Juga the
a dan an artinya sebuah, seekor, seorang atau satu. Perbedaannya adalah a diikuti benda yang huruf awalnya konsonan, sedangkan an digunakan untuk benda dengan huruf awal vokal (a,i,e,u,o). Kemudian untuk the digunakan untuk menyebutkan benda yang sudah disebutkan, seperti dalam contoh di atas, ketika kita sudah menggunakan an apple tree maka untuk penyebutan kedua menggunakan the apple tree untuk menyatakan benda secara spesifik.
Selanjutnya kita akan membahasa materi Quatifier Many, Much, A few, dan A little/Little.
Many dan much artinya banyak, perbedaanya adalah many digunakan untuk benda dapat dihitung (countable nouns) sedangkan much untuk benda tak dapat dihitung (uncountable nouns). A lot of berarti banyak dan dapat digunakan baik untuk coutablemaupun uncountable nouns.  A few dan A little memiliki arti sedikit, perbedaanya adalah a few digunakan untuk benda dapat dihitung, sedangkan a little untuk benda tak dapat dihitung. Contoh benda yang dapat dihitung adalah seperti: car, person/people, traffic sign, park, pedicab, bicycle, book, tiger, dll. Contoh benda tak dapat dihitung seperti: money, water, smoke, ink, sugar, salt, sand, dicipline, dll. Untuk benda tak dapat dihitung(Uncountable nouns) untuk menyatakan eksistensi maka selalu menggunakan “there is” walaupun jumlahnya banyak  karena dianggap tunggal satu kesatuan.
Fill in with “there is” or “there are” based on the sentence below!
1.
…………………. a cat in the park.
2.
…………………. much smoke polution in cities.
3.
…………………. many passangers in the bus.
4.
Look, …………………. a few people obey the traffic regulation.
5.
Do you know ……………………. a little dicipline on the road recently.
6.
…………………….. an eagle flying over the buildings.
7.
……………………. some people gather in front of DPR and MPR buildings.
8.
If ……………………… much money, I will go to big cities like, Jakarta, Surabaya, Bandung and Semarang.
9.
…………………… a lot of vehicles parked in front of the stadium.
10.
…………………… little braveness for me to ride my motor more than 100 kms/hour.
Demikian, untuk sekedar sharing di blog ini, materi dan latihan soal masih minim. Insya Allah penulis akan posting latihan seputar materi dalam Chapter ini lebih banyak lagi dan lebih variatif tentunya. Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *