Mengenal indefinite article – perbedaan a dan an

Belajar Bahasa Inggris Mengenal indefinite article – perbedaan a dan an

Saya dokumentasikan pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak usia 5 tahun, 6 tahun, atau seusia SD (Sekolah Dasar).

Saya buat bergambar, karena pada umumnya anak-anak menyukai gambar. Topik pembelajaran bahasa Inggris pada aktivitas English time kali ini adalah pengenalan indefinite article.

Seperti yang telah kita tahu sewaktu belajar di sekolah dulu, indefinite article ( a atau an ) ini digunakan untuk menyebutkan kata benda yang umum dan singular (kata benda yang tunggal atau satu). Dan biasanya adalah kata benda yang dapat kita hitung atau count noun/countable noun.

Letak indefinite article ini adalah sebelum noun, tepatnya sebelum singular count noun. Di bawah ini adalah penampakan dari file pdf yang berisi tentang contoh noun yang memakai article a dan contoh noun yang memakai article an.

contoh kata menggunakan indefinite article A dan An

Ayah bunda nanti dapat melihat di dalam file pdf ini, dijelaskan bahwa a adalah untuk kata benda yang huruf awalnya berbunyi konsonan, sebaliknya an adalah untuk kata benda yang huruf awalnya berbunyi vokal ( a, i, u, e, o). Yang harus ditekankan kepada anak-anak disini adalah bunyi ketika kita mengucapkannya. Itulah sebabnya jika kita lihat pada gambar di atas kita lihat an hour (satu jam). Mengapa memakai an? Oleh karena hour itu dibaca “ouwer”.

Kita lihat contoh satu lagi dari gambar di atas, mengapa a university bukannya an university? kan huruf depannya adalah vokal (u)? Jawabnya adalah: ketika kita menyebutkan university itu adalah “yuniversiti”. Huruf awalnya adalah y sehingga kita menggunakan article a.

Itulah sekilas file dokumentasi pembelajaran bahasa Inggris di rumah. Semoga bisa berlanjut ke seri pembelajaran bahasa inggris untuk anak lainnya, In syaa Allah akan saya dokumentasikan ke dalam bentuk file pdf sehingga dapat disharing ke ayah bunda yang ingin mengajari anaknya bahasa Inggris di rumah.

Jika anak-anak ayah bunda ingin mempelajari atau ingin mengenal dan kemudian melatih pemahaman melalui soal latihan, silakan mendownloadnya.

Setelah didownload, dapat diprint (cetak) dan memulai pelajaran bersama anak-anak. Ohya, jika tidak dapat mendownload, silakan tulis di komentar, saya akan mengirim filenya via email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *