oleh

Model dan tipe Soal Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris Model dan tipe Soal Bahasa Inggris

Dalam mengevaluasi anak, kita dapat menggunakan instrumen penilaian salah satunya melalui soal-soal yang kita formulasikan untuk mencapai tujuan kita yakni mengukur level pemahaman anak terhadap konsep materi yang kita sampaikan. Nah, Dalam Bahasa Inggris, untuk keperluan tersebut, kita dapat menggunakan variasi soal dan masing-masing memiliki goalnya masing-masing.

Berikut ini penulis paparkan jenis-jenis atau model/tipe soal untuk instrumen penilaian yang dapat digunakan:

Tipe soal Bahasa Inggris yang dapat digunakan


1.
True-False
True berarti benar, False artinya salah. Model soal semacam ini dapat digunakan untuk soal Bahasa Inggris untuk melatih kemampuan anak dalam mengambil kesimpulan(Kesimpulan), menangkap gambaran umum, informasi eksplicit. Selanjutnya anak dapat menjawab juga model soal implicit berdasarkan fakta dan data yang ada pada suatu sumber seperti teks, bacaan, dialog dan sebagainya. Biasanya model soal ini berupa suatu pernyataan-pernyataan yang dikaitkan dengan sumber bacaan(nformasi) yang tersedia. Tugas anak hanya menjawab benar (true/T) atau salah (false/F). Secara sekilas memang sederhana namun model soal seperti ini bagi anak memerlukan analisis sebelum memutuskan untuk menjawab benar atau salah.

2.
Matching
Match atau matching berati menjodohkan atau memasangkan sesuatu dengan sesuatu yang sesuai dengan kaidah. Model soal ini banyak dipakai dalam penyusunan soal yang menggunakan kurikulum 2013. Sebagai contoh soal ini merupakan soal wajib dalam soal PTS maupun PAS atau PAT Bahasa Inggris di Kabupaten Batang. Soal biasnya dalam bentuk tabel dengan 2 kolom. Kolom A dan Kolom B. Anak diminta untuk menjodohkan kolom A ke kolom B. Kolom A biasanya sebagai clu atau kunci atau deskripsi yang berkaitan dengan kolom B. Model soal ini digunakan untuk mengukur pemahaman anak, kemampuan analisa anak juga terhadap apa yang sudah dia terima (Materials)

3.
Jumbled words
Jumbled words atau disorder words adalah kata acak. Tugas anak adalah mengurutkan kata-kata acak tersebut menjadi suatu kalimat bermakna yang readable. Model soal ini dapat mengukur kemampuan anak dalam menyusun kalimat grammatikal atau sesuai kaidah bahasa Inggris. Anak memahami struktur kalimat, seperti affirmative, negative dan interogative senteces. Anak juga mengetahui unsur kalimat seperti subjek, predikat, objek, kata keterangan dan lain sebagainya. Umumnya anak-anak Indonesia kesulitan dalam menyusun suatu kalimat Bahasa Inggris yang grammatically correct. Namun demikian, jangan patah semangat, karena untuk menjawabanya dapat disiasati. Soal ini biasanya menggunakan angka pada setiap kata atau frasa, selanjutnya anak menjawabnya dengan cara mengurutkan urutan angkanya supaya menjadi kalimat bermakna.
4.
Jumbled sentences
Jumbled sentences atau disorder sentence adalah model soal dimana anak diminta untuk mengurutkan kalimat acak menjadi suatu paragraf bermakna yang readable dan sitematis. Dalam kurikulum 2013, soal ini juga dapat menggunakan dialog acak, disorder dialogue. Anak diminta untuk mengurutkan dialog tersebut menjadi dialog yang bermakna. Soal-soal ini biasanya bisa berbasis teks seperti teks Descriptive, Narrative, Recount, Report dan Procedure. Untuk dialogue biasanya berupa dialog interpersoanal maupun transaksional.  Model soal semacam ini dapat mengukur pemahaman anak mengenai struktur kaliamat beserta tata bahasa Inggris. Dengan pemahaman ini anak mampu untuk memanipulasi kaliamt Bahasa Inggris dalam bentuk soal tipe ini. Soal model ini lebih sulit daripada menyusun kata acak menjadi suatu kalimat bermakna. Dan soal semacam ini juga sering dikeluarkan di sekolah yang sudah menggunakan kurikulum terbaru 2013. Menurut penulis ini adalah soal tersulit bagi anak didik di indonesia. Pertanyaan sederhana saja, Bagaimana anak bisa mengurutkan kalimat sedangkan mereka juga sedang kesulitan dalam mengartikan atau memahami kalimat tersebut. Yang ada, mereka Cuma bias melakukan “Ngawurisasi” itu Cuma istrilah jawa artinya mereka menjawab sebisanya tanpa menggunakan kaidah yang ada. Seorang guru perlu fight untuk membekali anak didik dalam menjawab soal tipe ini. Sebelum dapat menguasai model tipe soal ini anak perlu menguasai level sebelumnya yaitu soal jumbled words.

5.
Cloze test
Cloze test berati soal kalimat atau paragraf atau dialog rumpang. Tugas anak adalah mengisi (Fill in the blanks). Biasanya soal ini untuk mengetes kosa kata (Vocabulary) anak. Titik-titik atau blank space tersebut biasanya diisi kata kerja (verb), Auxiliary verbs, noun, adjective, adverb, part of speech dan lainnya. Selain perbendaharaan kata anak, pemahaman grammar anak juga ikut mempengaruhi. Anak juga perlu menguasai grammar dan struktur kalimat. Soal ini baisanya berkaitan dengan paragraf berupa genre text atau dialogue based. Untuk dialog anak mengisi ekspresi tepat.

6.
Essay
Essay adalah model soal uraian. Soal ini adalah soal umum yang digunakan semua mapel yang ada. Anak menjawab soal dengan penjelasan, deskripsi dan uraian. Dalam Bahasa Inggris, soal ini biasanya memuat: informasi tersurat(eksplisit), tersirat(implicit), gambaran umum teks, makna kata (synonym/antonym), referensi kata (word reference), etc. Untuk menjawab ini salah satu skill yang harus anak kuasai adalah memahami konsep 5W + 1 H(what, when, where, who, why dan How). Karena hampir semua pertanyaan sering menggunakan formula kata tanya tersebut.

7.
Multiple choice
Multiple choice adalah soal pilihan ganda dimana terdapat opsi jawaban. Untuk level SMP MTs biasanya terdapat 4 opsi jawaban (a, b c, dan d) untuk level SMA/MA/SMK biasanya terdapat 5 opsi (a b c d dan e). Soal ini merupakan soal yang paling simple dan mudah karena terdapat jawaban yang benar di antara opsi yang diberikan. Anak tidak perlu menguraikan sendiri jawabanya. Anak hanya diminta memilih satu diantara opsi yang ada. Model soal semacam ini sudah umum dan selalu digunakan bahkan untuk UNBK soal seluruhnya berupa pilihan ganda sebanyak 50 soal untuk soal Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dan 40 soal untuk Matematika dan IPA.

8.
Soal latihan kosa kata (vocabulary based test)
Soal ini adalah pengayaan untuk melatih kosa kata atau perbendaharaan kata anak. Soal ini juga bisa disebut game atau permainan namun tujuan akhir adalah mengetes vocab anak didik. Soal ini berupa:
a.    Crossword (TTS/Teka-teki silang)
b.   Word Search Puzzle (Menemukan kata dari kata acak)
c.    Jumbled letters (Menyusun huruf-huruf acak menjadi kata)
d.   Dan lainya.
Demikian postingan penulis mengenai model atau tipe soal yang dapat digunakan sebagai instrumen penilaian kompetensi pengetahuan untuk anak. Soal-soal tipe tersebut di atas juga sudah banyak digunakan penulis di blog. Silahkan anda dapat mengunduh atau download filenya untuk sarana latihan drill seperti worksheet (pdf/word) dan soal live online dengan skor otomatis setelah mengerjkan.

Semoga apa yang penulis share di sini dapat bermanfaat bagi para pembaca, pengunjung di situs blog ini. Terima kasih atas attensi anda. Salam sukses buat kita semua. Amin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed