oleh

Penggunaan Adjective Kata Sifat

Belajar Bahasa Inggris Penggunaan Adjective Kata Sifat

Setelah kita belajar tentang vocabulary adjective di Awal Chapter V Bahasa Inggris KelasVII, kali ini kita akan belajar mengenai fungsi adjective dalam kalimat beserta contoh-contohnya. Adjectives are words that modify or describe nouns. Yaitu bahwa kata sifat adalah kata yang menerangkan atau menjelaskan detail suatu noun atau benda. Ketika kita belajar Bahasa Inggris maka akan berbeda dengan Bahasa Indonesia, untuk Bahasa Inggris memiliki pola MD (diterangkan-menerangkan) maksudnya adalah kata sifat berfungsi meneragkan kata benda dan posisinya sebelum kata benda. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia menggunakan pola DM (diterangkan-menerangkan) artinya kata sifat diposisikan setelah kata benda.
A happy family 
Happy sebagai kata sifat yang menerangkan kata benda family.
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini:
1.      A beautiful woman. Perhatikan bahwa adjective(kata sifat) berada sebelum noun (kata benda). Kalimat di atas menggunakan pola “menerangkan dan diterangkan” artinya menerangkan dulu detail baru dijelaskan mengenai benda yang diterangkan.
2.      Sebuah buku baru. Lihat jelas berbeda dengan Bahasa Indonesia. Di kalimat tersebut bahwa kata sifat terletak setelah noun. Ini adalah contoh dengan pola DM (diterangkan dulu bendanya baru menerangkan bendanya).
Bilangan angka juga berfungsi sebagai adjective: the two boys, ten cows.
Selanjutnya bahwa adjective juga memiliki fungsi sebagai predikat dalam kalimat atau juga disebut dengan predicate adjective. Fungsi dari predicative adjective bukan sebagai verb atau kata kerja namun sebatas sebagai linking verb, Seperti to-be untuk menyatakan eksistensi bukan tindakan (to state being rather than an action)
Contoh:
1.      The fried rice is delicious.
2.      I am happy.
Perhatikan contoh di atas adalah predicate adjective, bahwa kata sifat berada setelah kata benda.
Pada kesempatan kali ini kita akan discuss tentang mendeskripsikan sesuatu bisa orang, binatang maupun benda atau tempat-tempat tertentu dengan menggunakan kata sifat (adjective) tentunya dalam konteks Bahasa Inggris. Berikut ini adalah contoh-contoh kata sifat yang digunakan dalam mendeskripsikan benda-benda tertentu.
1.      I study English under a shady park.
2.      The park is clean and beautiful.
3.      There are many pretty butterflies in the park.
4.      My friend and I are happy
5.      The two black cats eat the fish on the table.
6.      It is a sunny day. The sky is clear. It is not cloudy.
7.      Rina looks tired.
8.      Johny is smart.
9.      My English teacher is very kind.
10.  Monday is a busy day
Demikian untuk share materi tentang penggunaan adjective/kata sifat dalam Bahasa Inggris belajar dan berlatih terus menerus agar dapat memami struktur kalimat Bahasa Inggris sehinga ke depan dapat merangkai kalimat Bahasa Inggris dengan benar secara grammatikal, termasuk penggunaan kata sifat dalam menerangkan benda (noun).
Terima kasih atas kunjungan anda. Semoga blog ini bermanfaat bagi semua. Aaamiiin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed