oleh

Perbedaan Present Past and Future continuous

Belajar Bahasa Inggris Perbedaan Present Past and Future continuous

Beberapa hari yang lalu penulis sempat memberi les tambahan  kepada kelas IX yang menggunakan kurikulum 2013. Yaitu siswi SMP N 3Batang. Setelah penulis buka di outline materi kelas 9 Kurtilas, ternyata di situ terdapat materi tenses khusus untuk bentuk continuous/progressive tense. Setelah penulis membaca goal atau objective yang hendak dicapai adalah bahwa siswa dapat memahami 3 tenses berbasis continuous, yakni: PresentContinuous, Past continuous, dan Future continuous tenses.
Ketiga bentuk tenses di atas seringkali diaplikasikan dalam percakapan sehari-hari dan merupakan tenses penting yang harus dikuasai oleh siswa bukan hanya untuk mendapatkan nilai tinggi, akan tetapi yang terpenting adalah mereka memahami konsep dan menerapkan konsep itu dalam dialog percakapan, dalam komunikasi langsung dengan lawan bicara.
Inggris Kelas IX SMP/MTs
Ketiga tenses di atas memiliki persamaan dan perbedaan masing-masing. Persamaanya adalah ketiga-tiganya menggunakan continuous, atau sedang terjadi atau sedang berlangsung.  Berikut ini akan penulis bahas ketiganya:
I.
Present continuous
Bentuk waktu digunakan untuk menyatakan action atau tindakan yang sedang terjadi atau berlangsung saat ini juga. Adverb of time atau keterangan waktu yang digunakan umumnya adalah: now, right now, at the moment, today, etc.
Pattern/pola kalimat:
S + to be (am, is, are) + V-ing …
Untuk membentuk kalimat negatif cukup menambahkan –not di belakang –to be, sedangkan untuk membentuk kalimat tanya maka –to be diletakkan di awal kalimat.
Perhatikan contoh berikut ini:
1. (+) Samir is eating meatball now.
    (-) Samir is not eating meatball now.
    (?) Is Samir eating meatball now? Yes, he is.
    Contoh menggunakan WH Question:
    What is Samir eating now? He is eating meatball.
2. (+) Dea and Doni are playing tennis at the moment.
    (-) Dea and Doni are not playing tennis at the moment.
    (?) Are Dea and Doni playing tennis at the moment? No, they are not.
    Contoh menggunakan WH Question:
    Where are they playing tennis right now?
   They are playing tennis at the tennis court behind my house.
II.
Past continuous
Bentuk waktu ini pada intinya sama dengan Present continuous. Yang membedakan adalah bahwa aktifitas terjadi di masa lampau. Adverb of time  penanda yang digunakan sama seperti simple past tense, yaitu: yesterday, last night, one hour ago, dll. Past continuous digunakan untuk menyatakan action yang sedang terjadi di masa lampau dan berlanjut di masa lampau juga tidak ada kaitannya dengan saat ini. Bentuk waktu ini biasanya diperjelas dengan memberikan dua aktifitas lampau yang ditandai kata hubung when atau while.  Untuk when diikuti simple past, kemudian while selalu diikuti past continuous.
Pattern/pola umum:
S + to be (was were) + V-ing…
Untuk kalimat negatif cukup menambahkan –not dibelakang to be (was/were), sedangkan kalimat tanya atau interogative –to be ditempatkan di awal kalimat.
Contoh:
1. (+) Dian was sleeping when her father knocked the door.
    (-) Dian was not sleeping when her father knocked the door.
    (?) Was Dian sleeping when her father knocked the door?
         Yes, She was.
Perhatikan bahwa kaliamt di atas terdiri dari dua kalimat, yang pertama kalimat past continuous dan yang kedua simple past. Ingat setelah ‘when’ diikuti oleh simple past.
2. (+) While my friend and I were watching television yesterday, My mom finished                cooking fish.
Perhatikan contoh kalimat di atas setelah ‘while’ diikuti past continuous tense.
III.
Future continuous
Future continuous ini dipergunakan untuk menyatakan action yang sedang terjadi di masa yang akan datang (future) perbedaan dengan simple future adalah jika future continuous menitikberatkan pada durasi atau proses. Untuk adverb of time sama menggunakan keterangan waktu seperti: tomorrow, tonight, next month, by octobe, by 7 p.m., etc.
Pattern/Pola umum:
S + shall/will + be + V-ing…
Untuk membentuk kalimat negative, setelah shall/will  ditambahkan –not, sedangkan untuk membentuk kalimat tanya, modal shall/will ditempatkan di awal kalimat. Contoh:
1. (+) By August 17 this month, We shall be celebrating our indepence day.
    (-)  By August 17 this month, We shall not be celebrating our indepence day.
    (?) By August 17 this month, shall we be celebrating our indepence day?
         Yes, We shall. No, we shall not.
2. The plane will be landing in Ahmad Yani Airport by 4 p.m.
Demikian sedikit postingan penulis mengenai ketiga tenses tersebut. Tentunya ketiganya memiliki perbedaan dan dipergunakan dalam moment yang berbeda-beda pula. Penulis berharap para pembaca tidak hanya mengejar nilai semata, tapi yang lebih penting adalah menerapkan konsep di atas dalam percakapan komunikasi Bahasa Inggris aktif. Semoga. Amin. Terima kasih atas kunjungannya. Nantikan soal-soal latihan khusus untuk ketiga tenses diatas yang akan penulis combine menjadi satu, tugas anda adalah menaganalisis bentuk waktu atau tenses yang manakah dari kaliamt mixed tersebut, setelah dapat mengidentifikasi jenisnya barulah mengerjakan atau menjawab kalimat tersebut sesuai dengan tenses yang sesuai. Wait for the next posts.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed