Simple past tense kelas 8 SMP

Belajar Bahasa Inggris Simple past tense kelas 8 SMP

Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter yang berjudul “When I was a child” secara khusus membahas tentang Kalimat simple past tense. Secara sederhana Simple past itu adalah kebalikan dari simple present. Simple past menyatakan action tindakan yang terjadi di masa lampau. Kalimat simple past dibagi menjadi kalimat nominal dan kalimat verbal.

Kalimat nominaladalah kalimat yang didalamnya tidak diikuti main verb (kata kerja), namun biasanya diikuti oleh noun (kata benda), adjective (kata sifat), dan atau adverb (kata keterangan). Sebagai contoh dalam judul chapter ini When I was a child itu adalah kalimat nominal, karena di dalamnya menyatakan keadaan di masa lampau, di dalamnya tidak ada aktifitas, jika kalimat terdapat aktifitas atau action itu dinamakan kalimat verbal.

Simple past, past tense, SMP, MTs, 2019, tenses, bentuk waktu
Sinau Simple past yuk teman-teman

Secara sederhana kalimat nominal memiliki pattern/pola:
S + be (was/were) + noun/adjective/adverb + …
Subjek: I, he, she, dan it menggunakan to be –was, sedangkan Subjek: you, they, dan we menggunakan to be – were.
Contoh:
1
I was a student ten years ago
2
Rani was sad last night.
3
Father and mother were in the kitchen one hour ago.
4
The cats were happy to play the balls yesterday.
Untuk kalimat negative, setelah to be ditambah –not. Dan untuk kalimat tanya to be diletakkan di depan kalimat.
5
(+) Doni was a salesman last year.
(-) Doni was not a salesman last year.
(?) Was Doni a salesman last year? Yes, he was. No, he was not.
Setelah membahas kaliamat nominal simple past, kini saatnya kita melanjutkan pembahasan selanjutnya yaitu kalimat verbal. Apa itu kalimat verbal, kalimat verbal adalah kalimat yand didalamnya terdapat aktifitas/action/tindakan yang ditandai dengan adanya main verb (kata kerja). Dalam hal ini, kata kerja yang digunakan adalah kata kerja past (V2), berbeda dengan kalimat verbal simple present yang menggunakan kata kerja present (V1).

Supaya kita dapat menyusun kaliamt verbal simple past, maka sebaiknya kita mengetahui jenis kata kerja dalam Bahasa Inggris, yang terdiri dari 2 macam, yaitu: regular verb dan irregular verb. Regular verb adalah kata kerja beraturan dimana perubahan kata kerja mengikuti aturan yang ada dengan menambahkan –ed pada kata kerja kedua maupun ketiga. Sedangkan untuk kata kerja tak beraturan (Irregular) dalam hal perubahan kata kerja tidak melalui kaidah yang ada, bentuknya berubah-ubah dan tak tentu juga tidak konsisten. Nah untuk Irregular verbs ini kita musti menghafalkan kata kerja berikut perubahannya baik kata kerja kedua (past) maupun kata kerja ketiga (past participle).
Berikut contoh regular verbs:
Play – played – played
Stop – stopped – stopped
Open – opened – opened
Contoh Irregular verbs:
Eat – ate – eaten
Cut –cut – cut
Get – got – got/gotten
Contoh di atas hanya contoh kecil saja, ada banyak regular dan irregular verbs Bahasa Inggris yang ada Yang perlu anda hafalkan adalah yang irregular verbs karena bentuknya yang tidak konsisten dan berubah-ubah.
Baik sekarang kita akan discuss kaliamt verbal.
Pola/pattern Kalimat verbal simple past sebagai berikut:
S + V2 + …
Contoh:
1
Sinta cooked fish last night.
2
Father went to his office yesterday.
3
The mouse ate cheese 15 minutes ago.
Untuk membentuk kalimat negative maka setelah subjek ditambah –did not, sedangkan untuk membuat kalimat tanya iterogative, maka Did diletakkan di depan kalimat. Kemudian kata kerja kembali ke bentuk pertama (V1)
4
(+) Budi played football last month.
(-) Budi did not play football last month.
(?) Did Budi play football last month? Yes, he did. No, he did not (didn’t)
Kata keterangan waktu (adverb of time)/time sequence yang biasa digunakan: yesterday, last night, one hour ago, last month, last year, two days ago, dll.

Demikian penjelasan singkat mengenai tenses “Simple Past tense” yang dipelajari di kelas VIII Semester genap ini. Semoga dapat memberi manfaat bagi anda yang sedang belajar jenis tense ini. Semoga rangkuman ini membantu untuk memahami materi secara gamblang dan jelas. Terima kasih atas kunjungan anda. Salam sukses berjama’ah buat kita semua. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *