Tip Sukses UNBK 2019 kedua

Belajar Bahasa Inggris Tip Sukses UNBK 2019 kedua

Setelah kita membaca tips sukses UN 2019 kesatu bahwa kita perlu menguasai vocabulary dan question words serta tenses pada 5 teks monolog, maka pada kesempatan kali ini kita akan mencoba menggunakan trik selanjutnya yaitu mempelajari  kata/kalimat operasional yang kerap muncul atau menjadi ciri khas pada setiap jenis teks monolog functional texts/genre maupun short functional texts.
Setipa jenis teks memiliki ciri yang berbeda. Dengan mengerti karakteristik atau ciri kata operasional kita dapat menjawab dengan cepat dan tepat. Berikut ini penulis akan menampilkan beberapa jenis teks beserta cirinya:
UNBK, UN, Ujian, 2018, 2019, SMP, MTs, Bahasa Inggris
Tips sukses UNBK 2019
Untuk menjawab soal klasik seperti What is the purpose of the text?atau “what is the intention of the writer to write the text?”
I
Functional texts
1.
Narrative
To entertain/amuse the readers/listeners with…
2.
Recount
To tell/retell the past experiences/activities
3.
Descriptive
To describe ………………….. in particular/spesific (khusus)
4.
Report
To Describe ………………….. in general (khusus)
5.
Procedure
To tell/describe/explain the way how to …
II
Short Functional texts
6
Advertisement
To advetise/promote/persuade …
7
Invitation
To invite …
8
Announcement
To announce …
9
Short Message
To inform …
10
Greeting card
To Praise/to appreciate …
11
Label
To know/to inform …   (the product detail)
12
Caution
To warn/remind …
Sangat penting bagi setiap siswa untuk dibekali trik-dan tips untuk mengerjakan soal berkaitan dengan tujuan penulisan teks (the purpose of the text) sehingga peluang menjawab dengan benar dan tepat dapat dilakukan dan juga dapat mempercepat siswa dalam menjawab soal.
Semoga apa yang penulis share di sini memberi manfaat terutama bagi anak-anak SMP/MTs Kelas 9 yang hendak mengikuti UNBK 2019. Harapan penulis semoga kalian dapat menakhlukan soal Bahasa Inggris dengan benar sehingga mendapatkan nilai yang maksimal sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. Amin. Terima kasih. Salam sukses berjama’ah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *