oleh

Tipe soal UN Bahasa Inggris yang sering ditanyakan dan strategi untuk menjawabnya

Belajar Bahasa Inggris Tipe soal UN Bahasa Inggris yang sering ditanyakan dan strategi untuk menjawabnya

Ujian Nasional SMP/MTs sebentar lagi tiba. Salah satu mata pelajaran yang menjadi momok bagi para pelajar adalah Bahasa Inggris. Sebenarnya Bahasa Inggris ada kemiripan dengan Bahasa Indonesia dari konten materinya namun yang menjadi kendala dalam mengahdapi soal Bahasa Inggris adalah Bahasanya itu sendiri, permasalahannya adalah Bahasa Inggris merupakan bahasa asing dan jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Umumnya Bahasa Inggris hanya kita gunakan di linkungan sekolah. Sulit bagi kita untuk merangkai kalimat dan memahami struktur Bahasa Inggris yang kompleks juga dalam menerjemahkan kalimat serta paragrafnya tidak seperti Bahasa Indonesia.
MTs Walisongo Tulis siap UNBK 2019
Nah, berkaitan dengan Ujian Nasional kali ini saya akan berbagi trik untuk menjawab Soal Bahasa Inggris dengan cara mengidentifikasi tipe-tipe soal yang ada kemudian kita dapat mensiasatinya cara menjawabnya walaupun kita tidak mengetahui arti secara keseluruhan. Berikut ini adalah tipe-tipe soal yang kerap ditanyakan pada soal Bahasa Inggris:
1.
Menanyakan Gambaran Umum teks.       
Contoh
          What does the text tell us about
          The text is mostly about …
          What is the text about?
Inti dari soal diatas adalah menanyakan Secara garis besar isi dari teks/bacaan, apa yang dibahas secara keseluruhan. Untuk menjawab tipe soal semacam ini langkah yang kita ambil adalah:
          Untuk mempercepat waktu kita tidak perlu membaca secara keseluruhan bacaan yang ada, namun kita dapat membaca secara sepintas dan menemukan subjek/objek pembahasan dari teks tersebut. Biasanya yang menjadi subjek dari bacaan dapat kita temukan pada kalimat awal dari paragraf pertama.
          Selanjutnya adalah kita identifikasi hal sesuatu yang sering muncul pada bacaan tersebut layaknya pelajaran matematika dalam statistika yaitu modus.
2.
Menanyakan Tujuan teks (Fungsi Sosial)
Contoh:
          What is the purpose of the text?
          What is the intention of the writer to write the text?
          The text above is written to …
Inti dari soal tersebut adalah menanyakan apa tujuan dari teks yang ditulis tersebut.
Dalam Bahasa Inggris ada setidaknya 5 Genre-text/Functional text yang dimunculkan seperti: Narrative, Recount, Descriptive, Report dan Procedure. Selanjutnya Short functional text seperti: Short message, Announcement, Invitation, Greeting card, Advertisement,label,etc. Untuk menjawab soal tipe ini langkah yang kita ambil adalah kita harus mengerti kata/kalimat operasional yang sering digunakan dari setiap jenis teks yang ada baik functional text maupun short functional text:
I
Functional texts
1.
Narrative
To entertain/amuse the readers/listeners with…
2.
Recount
To tell/retell the past experiences/activities
3.
Descriptive
To describe ………………….. in particular/spesific (khusus)
4.
Report
To Describe ………………….. in general (khusus)
5.
Procedure
To tell/describe/explain the way how to …
II
Short Functional texts
6
Advertisement
To advetise/promote/persuade …
7
Invitation
To invite …
8
Announcement
To announce …
9
Short Message
To inform …
10
Greeting card
To Praise/to appreciate/congratulate …
11
Label
To know/to inform …   (the product detail)
12
Caution
To warn/remind …
3.
Menanyakan Gagasan Pokok (Main Idea)
Contoh:
          What is the main idea of the second paragraph?
          What is the main idea of the last paragraph?
          What is the main idea of paragraph one?
          The third paragraph tells us about …
Tipe soal semacam ini merupakan soal klasik dan tidak hanya terdapat pada Bahasa Inggris saja, namun hampir semua bahasa. Inti dari soal ini adalah kita diminta mencari ide pokok dari suatu paragraf. Langkah yang harus kita ambil adalah
          Memahami konsep letak gagasan pokok yang ada di awal, akhir maupun campuran (deduktif, induktif, campuran) dan kadang pula kita harus menyimpulkan sendiri isi dari paragraph tersebut.
          Perbanyak latihan untuk menentukan ide pokok suatu paragraf.
4.
Menanyakan makna kata, atau persamaan kata(sinonim)
Contoh:
          The underlined word has the same meaning with …
          The word ….. is similar to …
          The wors has closest meaning with…
          The synonym of the bold word is …
Inti dari soal di atas adalah kita dapat mencari dan menemukan sinonim atau persamaan kata dari kata yang dimaksud, misalkan yang digarisbawahi, cetak tebal, dll. Tips yang harus kita lakukan adalah:
          Perbanyaklah latihan dan drill soal-soal UN, kita akan menemukan dan menjumpai banyak kosa kata sukar dan asing, nah tugas kita adalah mendatanya atau menuliskannya selanjutnya menemukan arti dan penggunaan dari kata-kata tersebut. Makin banyak kosa kata yang kita kumpulkan itu artinya itu membuat kita lebih siap dalam menghadapi UN Bahasa Inggris karena kunci kesuksesan adalah selain grammar juga kosa kata kita harus lebih banyak.
5.
Menanyakan rujukan kata (word reference)
Contoh:
          The word “it” refers to … (paragraph 1, line 3)
          The word “them” refers to ..
Inti dari soal tersebut adalah kita mengetahui kata ganti (pronoun) yang diberi tanda petik merujuk ke siapa/apa. Yang harus kita lakukan adalah:
          Kita fokus membaca pada paragraf dan kalimat dimana kata itu berada. Kemudian kita temukan rujukannya pada subjek/objek dari kata/kaliamat sebeumnya.  Contoh: Lions eat meat. They hunt other animals as their preys. Kata “They” merujuk ke “Lions”.
6.
Menanyakan informasi tersurat (explicit)
Contoh:
          When did Cinderella go the the forest?
          Where did the writer go for camping?
          What does the foreign tourists do at Sanur Beach?
          How do they climb the trees?
Inti dari soal-soal tersurat adalah bahwa soal-soal yang ditanyakan jawabanya terdapat pada teks/bacaan. Langkah yang kita lakukan adalah:
          Mempelajari rumus 5 W + 1 H (What, When, Where, Why, Who, dan How) Karena biasanya pertanyaan menggunakan kata tanya tersebut, jadi kita harus mengetahui arti dan penggunaanya.
          Baca soal dulu terus mencari jawaban yang ada dengan kata kunci tertentu dengan cara menghubungkan antara soal dengan bacaan pada teks.
7.
Menanyakan informasi tersirat (Implicit)
Contoh:
          What is the moral value of the text above?
          Based on the text we know that ….
          What will the readers do after reading the text?
Inti dari soal tersebut adalah bahwa kita diminta menyimpulkan dan mencari kemungkinan jawaban yang ada berdasarkan fakta-fakta yang tertulis. (analisa). Tipe soal ini merupakan salah satu jenis soal yang menggunakan HOTS (High Order Thinking Skill) atau soal tingkat tinggi yang membutuhkan penalaran siswa. Yang musti kita lakukan adalah:
          Berlatih mengerjakan soal-soal tipe ini supaya terlatih.
          Belajar memahami bacaan yang ada dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta dan generalisasi yang ada.
          Contoh soal yang ketiga adalah follow up atau tindak lanjut setelah membaca teks, di sini kita diminta untuk kreatif dan analitis terhadap bacaan dan kita harus memberikan jawaban yang masuk akal/logis, sebab akibat yang terjadi setelah kita membaca suatu teks.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed