oleh

Tips membuat anak suka belajar Bahasa Inggris 2019

Belajar Bahasa Inggris Tips membuat anak suka belajar Bahasa Inggris 2019

Belajar BahasaInggris umumnya membosankan bagi anak-anak didik jika kita tidak dapat menyajikan materi Bahasa Inggris dengan metode yang tepat atau bisa dikatakan menyenangkan bagi mereka. Selama penulis mengajar Bahasa Inggris di sekolah, sebagian dari anak-anak kurang interested dengan mapel Bahasa Inggris, kenapa?Ya yang jelas Bahasa Inggris bukan bahasa ibu, statusnya adalah Bahasa asing (foreign language) di Indonesia. Anak-anak tidak terbiasa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari dan bagi siswa SMP/MTs belajar Bahasa Inggris adalah mapel yang pertama kali mereka terima karena di SD/MI tidak semuanya mengajarkanya. Kurangnya kosa kata (vocabulary) Bahasa Inggris anak-anak, selain itu juga antara Bahasa Inggris dengan Bahasa Indonesia memiliki perbedaan tata bahasa (grammar) maupun dari segi kultur/budaya (culture).
Make a poster and write it with English to improve your English.

Mengapa Bahasa Inggris umumnya tidak disenangi oleh anak-anak didik? Tunggu dulu pendapat itu tidak mutlak benar. Toh masih ada bebeapa tempat dimana anak-anak sangat antusias dan enjoy belajar Bahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa tips dari saya Bagaimana supaya anak suka dan mencintai belajar Bahasa Inggris:

1
Singing (menyanyi)
Untuk mengawali pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak didik yang baru mengenal Bahasa Inggris adalah memperkenalkan mereka dengan nyanyian (song). Bisa berupa lagu-lagu anak (songs for children), maupun lagu barat namun perlu disortir lagu-lagu yang baik untuk anak. Contoh: Are you sleeping, Bingo, Old Mcdonald, number, ABC’s dll. Untuk lagu barat dewasa dapat menggunakan lagu seperti “I have a dream” dari Westlife, “Count on me” dari Bruno Mars. Lagu-lagu mereka ini bertemakan perjuangan meraih mimpi dan persahabatan yang cocok untuk anak didik.
Tidak ada anak yang tidak suka dengan musik, karena sejak mereka duduk di bangku TK maupun SD mereka sudah diperkenalkan lagu-lagu. Mereka akan tertarik dengan pendekatan lagu. Belajar sambil bernyanyi adalah salah satu kunci sukses anak belajar Bahasa Inggris. Beri kesan pertama yang positif pada anak sehingga anak menjadi interested dengan Bahasa Inggris.
2
Playing games (Bermain games)
Setelah anak diperkenalkan songs (lagu-lagu) maka berikutnya perkenalkan mereka juga dengan games (permainan) yang dapat medukung pembelajaran Bahasa Inggris. Games misalnya: Spider web, Direction and Location games, Ten Little Indian games, Chinese wisper, Games vocabulary bisa berupa Teka-teki silang, menggambar dan mewarnai (drawing and colouring),dan masih banyak yang lainnya.
Ya bermain sambil belajar itulah kunci berikutnya, dunia anak adalah dunia bermain. Meskipun anak SMP/MT menginjak masa remaja, namun games atau permainan dapat disisipkan untuk mencairkan suasana dan mengatasi kebosanan anak dalam belajar Bahasa Inggris.
3.
Using Projector (menggunakan LCD Proyektor)
Di era digital ini penggunaan media electronik seperti Proyektor sangat diperlukan untuk mempilkan gambar, video, dan tulisan yang menarik sehingga membuat anak menjadi antusias dalam belajar Bahasa Inggris. Sebelum mengajar seorang pendidik perlu mempersiapkand diri materi dan bahan yang akan diajarkan. Guru dapat menggunakan slide menarik, gambar menarik dan video yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Untuk menambah antusiasme anak guru perlu juga menyiapkan sound
atau speaker aktif sehingga audio dapat terdengar jelas.
4
Using digital dictionary with Android mobile (Menggunakan kamus digital)
Kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi tak dapat dibendung lagi. Penggunaan gadget mungkin akan dapat membantu anak dalam belajar Bahasa Inggris. Handphone Android dapat kita manfaatkan untuk diinstal aplikasi kamus digital Bahasa Inggris-Indonesia atau sebaliknya.
Penggunaan kamus digital lebih praktis dan cepat daripada kamus buku. Kita dapat mengetikan kata yang kita cari lalu menerjemahkannya ke dalam Bahasa sasaran. Dari segi waktu menggunakan kamus digital ini lebih cepat dari pada kita mencari makna dan arti suatu kata secara alfabetis di kamus manual yang memakan waktu lebih lama. Keunggulan lain dari kamus digital ini adalah terdapat fitur suara yang dapat diperdengarkan untuk melafalkan suatu kata dengan benar karena yang melafalkan kata berasal dari native speaker.
Selain keuntungan penggunaan HP sebagai kamus tidak luput dari masalah, selama penulis mengajar dan menganjurkan menggunakan kamus digital, ada beberapa anak yang memanfaatkan kesempatan ini, mereka bukannya membuka kamus namun mereka membuka aplikasi lain yang tidak diperbolehkan selama KBM berlangsung seperti facebook WhatsApp, YouTube, dll. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu membuat regulasi atau peraturan ketat sehingga anak tidak bermain-main dengan HP yang seharusnya digunakan hanya untuk Kamus saja.
5.
Teacher uses English instructions (guru Menggunakan instruksi Bahasa Inggris)
Kesuksesan belajar Bahasa Inggris berawal dari kebiasaan (habits), seorang guru perlu membiasakan memberi instruksi dalam Bahasa Inggris secara berulang-ulang, awalnya mereka anak didik merasa asing, namun jika ini dibiasakan mereka lambat laun akan memahami instruksi guru. Mereka juga belajar Bahasa Inggris secara langsung, antara instruksi dengan tindakan, antara teori dan praktik. Karena memang belajar Bahasa Inggris adalah untuk alat komunikasi bukan hanya nilai-nilai akademik dan teori semat. Trik ini juga dapat menantang anak untuk belajar Bahasa Inggris

6
Asking students to learn English from printed materials or labels (mintalah anak untuk belajar Bahasa Inggris dari setiap tulisan Bahasa inggris yang ada di kertas atau label yang mereka temukan
Belajar Bahasa Inggris itu fleksible tidak harus saat di sekolah, mintalah kepada anak didik anda untuk belajar Bahasa Inggris dari label atau bungkus produk tertentu seperti, sabun, pasta gigi, sarimi, handphone,dll. Biasanya pada kemasan tersebut terdapat dua bahasa petunjuk yang digunakan, salah satunya terdapat tulisan dan petunjuk Bahasa Inggris. Anak dapat mempelajari langsung, temukan kata dan kalimat Bahasa Inggris yang anak-anak merasa asing dan tidak mengetahui artinya. Dengan cara ini anak belajar kosa kata yang penting untuk mencapai kesuksesan Bahasa Inggris. Sedikit demi sedikit anak belajar yang pada akhirnya mereka memiliki perbendaharaan kata yang banyak yang dapat mendukung pembelajaran Bahasa Inggris mereka di kelas.

Sementara ini itu dulu tips untuk memotivasi anak dalam Belajar Bahasa Inggris, untuk tips-tips berikutnya dapat penulis share pada posting berikutnya. Semoga artikel/tips membuat anak suka mapel Bahasa Inggris ini dapat memberi inspirasi, informasi kepada para pembaca sehingga tergerak untuk berkreasi berikhtiar untuk menyajikan materi Bahasa Inggris dengan cara yang fun dan kreatif yang dapat diterima anak. Ubah mindset anak didik anda bahwa belajar Bahasa Inggris itu bukan momok yang menakutkan apalagi selama ini Bahasa Inggris menjadi semacam beban bagi anak baik dalam KBM maupun Ujian Nasional sehingga ini dapat mempengaruhi nilai akademik anak untuk mapel Bahasa Inggris.

Terima kasih atas kunjungan anda. Salam sukses berjama’ah bagi kita semua. Amin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed