oleh

Video English songs untuk materi Number dan Telling times

Belajar Bahasa Inggris Video English songs untuk materi Number dan Telling times

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Selamat datang kembali di blog Bahasa Inggris Online ini. Semoga anda selalu diberkahi oleh Tuhan. Baik, sore hari ini penulis ingin berbagi pengalaman penulis selama menjadi Guru Bahasa Inggris SD. Pengalaman mengajar Materi Number yang diawali dan diselingi oleh lagu-lagu(Songs) untuk menarik minat anak-anak di dalam belajar Cardinal Number.

Mengapa penulis post tentang materi number dan lagu-lagu tentang number di blog ini? Jawabanya adalah karena sebelum kita belajar tentang Tellingtimes pada chapter 3 Kelas 7 Semester gasal ini kita musti memberikan materi angka-angka kepada siswa-siswi kita. Jadi penting bagi anak untuk menguasai cardinal number ini sebelum kita berikan materi tentang jam. Ada relevansi antara materi number dengan telling times.

Kelas 7 D SMP N 8 Batang Tahun 2019/2020


Nah, untuk belajar number ini tiap guru memiliki cara dan metode tersendiri. Bagi anda yang tetap bersikukuh mempertahankan pengajaran konvensional seperti ceramah dan menulis di papan tulis, penulis persilahkan. Namun di sini penulis tidak akan memilih metode tersebut. Pengalaman penulis selama mengajar di sekolah dasar, bahwa anak akan lebih tertarik mempelajari suatu hal dengan metode/pendekatan lagu-lagu Bahasa Inggris ataupun games. Lagu adalah cara termudah dan menyenangkan bagi anak untuk menerima hal yang baru. Anak-anak bernyanyi sambil belajar Bahasa Inggris. Ya, memang dunia anak-anak itu adalah bermain. Dengan pendekatan lagu ini kita dapat memberikan pelajaran Bahasa Inggris seperti angka (number) dengan cepat daripada dengan cara-cara tradisional.

Sebelum mengajarkan materi Cardinal number kepada anak-anak kelas VII SMP MTs, sebaiknya kita awali dengan lagu Bahasa Inggris seputar angka seperti: I love my family (Satu-atu aku sayang ibu), Ten little Indians, Once I caught a fish alive, How may bananas? (manual Cover) dan masih banyak yang lainya. Namun lagu-lagu yang penulis rekomendasikan di atas akan mudah diterima anak. Silahkan anda search dan download lagu tersebut di You Tube.
Bagi anda yang akan mengajarkan materi tentang jam dalam Bahasa Inggris di Chapter III, sebaiknya menyaksikan video ini. Silahkan anda terapkan di kelas anda supaya anak lebih tertarik untuk mempelajari materinya. Selain lagu-lagu di atas masih ada metode lagi yaitu dengan permainan atau games. Sebagai contoh kita dapat menggunakan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian (operasi perhitungan) matematika yang dimix dengan Bahasa Inggris. Contoh realnya adalah kita memberikan soal operasi perhitungan dalam Bahasa Indonesia secara lisan dan anak berusaha menjawab hasilnya dalam Bahasa Inggris. Di sini anak dapat belajar Matematika sekaligus Bahasa Inggris. Anak akan berlomba-lomba dan berkompetisi sehingga mereka merasa tertarik dan tertantang. Tidak ada anak hanya duduk diam, kebanyakan mereka akan bersemangat. Coba buktikan di kelas anda.

Demikian yang dapat penulis share pengalaman penulis selama mengajar di SD, metode ini dapat diterapkan untuk anak-anak SMP MTs kelas 7. Terima kasih atas kunjugan anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Good luck.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed